Music Scoring, Salah Satu Elemen Penting Film Yang Kadang Terabaikan

Music Scoring, Salah Satu Elemen Penting Film Yang Kadang Terabaikan

Music Scoring, Salah satu elemen penting film yang kadang terabaikan

Music Scoring, Salah Satu Elemen Penting Film Yang Kadang Terabaikan - Ada berbagai variabel yang mendukung sebuah film untuk dapat melekat dalam ingatan para penontonnya. Selain dari segi cerita dan aktor, musik juga tak dapat dipungkiri sebagai salah satu bagian dari variabel itu. Musik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, dengan peran dan fungsinya yang kompleks pada setiap kehidupan. Termasuk juga dalam film, hampir setiap film kini mempunyai ketergantungan terhadap musik, selain sebagai pengiring juga sebagai pemberi nyawa.

Perpaduan dari elemen audio dan visual merupakan sesuatu yang hebat untuk dapat dinikmati hingga saat ini. Meskipun begitu, kehadiran musik pada film kerap kali terabaikan. Padahal dalam proses pembuatan film, ada departemen khusus yang menangani musik pengiring jalan cerita. Departemen iji, banyak disebut sebagai music scoring. Ada juga yang menyebutnya film scoring dan belakangan ini disebut dengan scoring saja.

Scoring merupakan bagian yang penting dalam film. Ketika musik dipadukan dengan visual yang bergerak, atmosfer dari cerita akan semakin kuat dan membentuk banyak pengalaman bagi yang menontonnya.

Music Scoring Bukan Hal Yang baru

Praktik scoring ini sudah bermula sejak era 1940-an. Bentuk awalnya adalah live orkestra yang mengiringi film bisu. Penggabungan dari elemen audio dan visual merupakan hal yang hebat pada masa itu, tidak ada pemisahan antara apa yang kita lihat dan kita dengar. Dengan perpaduan dari 2 elemen tersebut membuat imajinasi dari penonton akan terseret lebih dalam saat menikmati film.

Music scoring bahkan bisa disebut sebagai identitas dari film itu sendiri. Kita dapat melihat pada film The Godfather. Perpaduan dari sifat bijak dan bengis dari Don Corleone dan Michael Corleone mungkin tidak akan terekspresikan dengan baik tanpa sentuhan dari komposer musik nino Rota di belakangnya.

Apa Itu Music Scoring?

Sebelum kalian mengetahui apa itu scoring, pemahaman kalian mengenai soundtrack juga harus diluruskan, karena keduanya itu akan saling berkaitan. Banyak yang masih keliru dalam mendefinisikan soundtrack sebagai deretan lagu yang menghiasi sebuah film, padahal soundtrack sendiri maknanya lebih dari itu. Dalam soundtrack ada tiga elemen yaitu, elemen dialog, elemen effects, dan elemen musik. Elemen musik ini terbagi menjadi dua yaitu original song dan original score.

Aghi Narottama

Menurut komposer musik Aghi Narottama istilah umum untuk mendefinisikan soundtrack adalah seluruh unsur musik serta bebunyian yang ada didalamnya, mulai dari suara langkah, bunyi dedaunan yang tertiup angin, alunan musik, serta lagu. Soundtrack adalah musik oriental yang ditulis khusus untuk mengiringi sebuah film kata Aghi Narottama. Scoring merupakan bagian dari soundtrack itu yang mencakup dialog hingga efek suara. Efek suara ini bisa terdiri dari potongan orchestra, instrumental, serta paduan suara yang disebut tanda musik.

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai Music Scoring, Salah Satu Elemen Penting Film Yang Kadang Terabaikan, Semua komponen dalam film saling berkesinambungan, jika ada salah satunya yang diabaikan maka akan terlihat aneh, termasuk juga music scoring ini.

You may like these posts