Cara jual foto di shutterstock 2020

Cara jual foto di shutterstock 2020

Cara jual foto di shutterstock 2020
Cara jual foto di shutterstock 2020 -  Setelah kemarin kita membahas tentang cara menjual video, sekarang kita akan membahas cara menjual foto ke Shutterstock. Seperti yang kita ketahui bahwa Shutterstock adalah situs microstock yang sangat besar dengan jumlah kontributor yang banyak. Seperti yang telah saya katakan pada postingan sebelumnya tentang jual footage video kalian ke shutterstock, bahwa di Shutterstock kita tidak hanya dapat menjual video, namun kita dapat menjual foto, dan ilustrasi vektor.

Sebelum kalian mulai menjual foto, kalian perlu membaca beberapa aturan yang ada, karena aturan ini tidaklah sama dengan aturan saat kita menjual video. Untuk mengetahui apa saja aturan atau syarat yang harus kita penuhi agar foto kita dapat diterima oleh pihak Shutterstock kalian dapat membaca penjelasan berikut.

Menjadi kontributor Shutterstock

Sama seperti saat kita akan menjual video, kita juga harus membuat akun Shutterstock atau pada Shutterstock disebut sebagai kontributor. Mendaftar Shutterstock cukup mudah, karena kita tidak disulitkan dengan syarat-syarat tertentu seperti paspor dan lain-lain. untuk menjadi kontributor Shutterstock kalian dapat mendaftar disini. Setelah mendaftar kalian harus melengkapi pengaturan akun kalian seperti informasi sosial media, metode pembayaran, menerapkan foto profil, dan lain-lain.

Cara jual foto di shutterstock 2020

Siapkan foto yang berkualitas

Foto disini tidak hanya sebatas foto dari kamera profesional, karena dengan kamera smartphone yang kita miliki pun bisa, dengan syarat foto harus jernih, tidak miss fokus, ataupun terdapat noise. Jika foto kalian sudah memenuhi kriteria tersebut tinggal kalian upload ke Shutterstock dan tunggu foto kalian di review oleh pihak Shutterstock. Format gambar yang diterima oleh pihak Shutterstock adalah .jpeg, dan TIFF (tanpa layer). Ukuran dari gambar adalah minimal 4 Megapixels. Ini adalah persyaratan terbaru dari pihak Shutterstock.

Cara jual foto di shutterstock 2020

Masukkan Tag dan Metadata

Hal ini wajib dilakukan setiap kontributor saat mengupload foto ke Shutterstock. Kalian harus memasukan judul atau deskripsi foto, keyword, dan tipe gambar kalian. Informasi ini disebut dengan metadata. Melalui metadata ini orang dapat menemukan foto kalian.

Untuk mengisi metadata, kalian harus sepenuhnya menggunakan bahasa inggris, atau buat kalian yang tidak mahir berbahasa inggris kalian dapat menggunakan google translate sebagai alat bantu. Metadata juga dapat kalian terapkan ke beberapa gambar sekaligus dengan menandai beberapa foto yang sama.

Perlu diingat bahwa jika foto kalian terdapat merk atau wajah manusia, kalian harus menyertakan model release atau property release, jika kalian tidak ingin repot dengan dua hal tersebut kalian dapat menguploadnya ke dalam tipe editorial dengan catatan foto kalian hanya digunakan untuk keperluan editorial saja dan tidak diperbolehkan untuk diperjual belikan.

Setelah semuanya kalian lakukan, kalian dapat melakukan submit foto kalian ke Shutterstock dengan mengklik tombol submit yang berwarna merah. Setelah melakukan submit foto kaian harus menunggu beberapa menit bahkan beberapa hari untuk melihat hasil review dari pihak Shutterstock.


Itulah pembahasan saya tentang cara jual foto di shutterstock 2020, jika ada yang ingin menambahkan atau memberikan kritik dan saran kalian dapat menuliskannya di kolom komentar.

You may like these posts