Pencahayaan Fotografi Three Point of Light

Pencahayaan Fotografi Three Point of Light

Pencahayaan fotografi three point of light

Pencahayaan Fotografi Three Point of Light - Agar dapat menghasilkan gambar yang artistik serta dramatis, dibutuhkan teknik pencahayaan yang baik, maka dari itu belajar tentang tata cahaya itu sangat penting sebelum kita belajar lebih jauh lagi mengenai fotografi maupun sinematografi.

Mempelajari teknik pencahayaan dalam filmmaking tidaklah sesulit yang kalian lihat, hanya saja kita harus tahu, dimulai dari manakah kita akan mempelajarinya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang teknik dasar pencahayaan three point of light. Bagi kalian yang telah menekuni dunia fotografi dan filmmaking, teknik ini tidaklah asing, tetapi bagi yang awam atau baru menekuni pasti akan sedikit kebingungan.

Three point of light adalah sebuah teori yang menjadi dasar bagi penata cahaya yakni penggunaan 3 buah lampu pada seorang manusia atau sebuah objek dengan mengaplikasikan lampu jenis hard and soft light yakni key light, fill light, back light.

Sesuai dengan namanya, teknik ini mempunyai tiga sumber cahaya. yaitu key light, fill light, dan back light. Namun, kalian juga dapat menyiasati teknik ini jika kalian tidak memiliki tiga sumber cahaya.

  • Misalnya kalian hanya memiliki satu buah lampu, kalian dapat menjadikannya sebagai key light.
  • Jika kalian memiliki dua buah lampu, maka satu lampu sebagai key light, dan satu lampu sebagai fill light.
Meskipun namanya three point of light tapi teknik ini tidak mengikat kita untuk harus menggunakan tiga buah lampu, tapi kalian juga dapat menyiasati teknik ini seperti penjelasan di atas. Seperti yang telah saya tulis di atas, bahwa teknik ini mempunyai tiga sumber cahaya, di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing sumber tersebut.

Pencahayaan fotografi three point of light

Key light

Adalah penyinaran terarah yang utama ( main source ) yang mengenai/jatuh pada subjek. Menghasilkan bayangan yang kuat ( hard light ) memberikan tekanan pada segi yang menarik dari segi wajah artis/pengisi acara dan membantu membentuk dimensi pada wajah/kepala.

Fill Light

Adalah penyinaran yang digunakan untuk melunakan bayangan yang dihasilkan oleh key light posisi fill light berlawanan dengan key light dilihat dari sumbu kamera.

Back Light

Adalah penyinaran dari arah belakang objek ( berlawanan arah kamera ) diatur hingga jatuh/mengenai kepala dan bahu dari subyek. Penyinaran ini  membentuk garis tepi dari bentuk subyek sehingga memberi kesan memisahkan objek dengan latar belakang ( dekorasi ).


Itulah sedikit pembahasan saya mengenai Pencahayaan Fotografi Three Point of Light, untuk kalian yang belum mengerti tentang teknik dasar pencahayaan, kalian dapat membaca postingan saya tentang pengetahuan dasar lighting broadcasting. Bagi kalian yang ingin menambahi atau mengoreksi, silahkan coret-coret di kolom komentar, dan jika ada yang ingin ditanyakan, kalian dapat menghubungi saya pada halaman kontak.

You may like these posts