Software color grading yang populer digunakan

Software color grading yang populer digunakan

Software color grading yang populer digunakan
Photo from Beverly Boy

Software color grading yang populer digunakan - Setelah sebelumnya saya memperkenalkan kepada kalian mengenai apa itu color grading, sekarang saya akan membahas tentang beberapa software yang populer digunakan oleh para profesional editor untuk mengedit film layar lebar. 

Beberapa software yang akan saya bahas mungkin ada beberapa diantaranya tidak asing bagi kalian karena sangking populernya di kalangan pemula maupun profesional. Buat kalian yang belum mengetahui apa itu color grading?. Kalian dapat membaca postingan saya mengenai color grading sebagai storytelling dalam film agar tidak bingung dengan pembahasan ini. Dan buat kalian yang sudah mengerti langsung saja kita ke pembahasannya.

Software color grading yang populer digunakan
Photo from FILM FPV

Adobe Premiere Pro

Untuk kalian yang suka dengan editing video pastinya tidak asing dengan software yang satu ini. Software yang populer digunakan untuk melakukan post processing pada video atau film ini juga digunakan untuk melakukan color grading. Pada software ini dilengkapi dengan fitur seperti basic color correction, curve, color wheels, dan lainnya. Kalian juga dapat menggunakan preset luts kedalam software ini untuk mempercepat proses color grading.

Software color grading yang populer digunakan
Photo from BL BLOG

DaVinci Resolve

Pada software ini terdapat panel khusus yang digunakan untuk color grading, jadi kalian dapat fokus untuk melakukan color grading saja. Bukan cuma itu kalian juga dapat melakukan color grading di software ini lalu mengekspornya ke dalam bentuk file lut untuk kalian terapkan ke software editing lain seperti Adobe Premiere Pro, Magix Vegas Pro, Final Cut Pro, dan beberapa software lainnya.

Adobe Speedgrade

Software besutan Adobe ini adalah software yang digunakan untuk memperbaiki warna dari sebuah film atau video agar warnanya menjadi lebih baik. Software ini hampir sama dengan Adobe Lightroom yang digunakan untuk mengubah warna dari sebuah gambar, Adobe Speedgrade ini juga digunakan untuk mengubah dan memperbaiki warna, akan tetapi pada video bukan gambar. 

Color Finale

Banyak kesamaan tools yang akan kita temui jika kita menggunakan software ini saat kita pernah menggunakan software color grading kelas atas yang lain. Pada software ini juga dilengkapi fitur untuk membaca lut untuk mempercepat proses color grading kalian. 

Seperti yang kita ketahui bahwa color grading adalah salah satu tahap yang penting dalam suatu produksi film. Jadinya pemilihan software yang berkualitas tentu harus dipikirkan matang-matang.

Beberapa software diatas tentunya bukan yang terbaik dari yang terbaik ya sob. Karena disini kita masih sama-sama belajar mungkin ada pengetahuan yang masih terbatas. Untuk kalian yang ingin menambahi atau memberikan kritik maupun saran dapat kalian tulis di kolom komentar.

You may like these posts