Cine lens dan lensa biasa, ini perbedaannya

Cine lens dan lensa biasa, ini perbedaannya

Cine lens dan lensa biasa, ini perbedaannya
Cine lens dan lensa biasa, ini perbedaannya - Buat kalian yang hobby filmmaking, disini saya akan membahas perbedaan dari lensa sinema atau yang kita kenal dengan nama cine lens dan lensa biasa, untuk kalian yang belum mengetahui apa itu cine lens atau kalian yang masih baru terjun di dunia filmmaking. Cine lens adalah lensa yang didesain khusus untuk filmmaker, oleh karena itu lensa ini sering digunakan pada filmmaking karena kebutuhan mereka berbeda dengan fotografer.

Manual system

Berbeda dengan lensa biasa yang dilengkapi dengan fitur AF atau auto fokus,  fokus maupun aperture pada cine lens dikontrol secara manual. Kita tidak perlu khawatir akan hal ini, karena pada lensa ini terdapat fitur de-clicked, jadi saat kita mengatur aperture akan lebih presisi.

Cine lens dan lensa biasa, ini perbedaannya

Menggunakan T - Stop bukan F - Stop

Measurement pada lensa ini menggunakan T - Stop bukan F - Stop seperti pada lensa biasa. T-Stop adalah kalkulasi pada aperture ring cine lens begitu cahaya masuk pada bagian depan lensa sampai dengan menuju sensor, berbeda dengan lensa biasa yang menggunakan bukaan diafragma untuk menghitung aperture.

Memiliki ukuran body yang lebih besar

Dari segi fisik cine lens memiliki ukuran fisik yang lebih besar dari lensa pada umumnya. Cine lens memiliki diameter yang besar untuk mendapat focus throw yang panjang, focus throw pada cine lens adalah sekitar 300 derajat.

Cine lens dan lensa biasa, ini perbedaannya

Desain cine lens

Cine lens di desain untuk meminimalisir focus breathing, focus breathing adalah perubahan frame size saat kita berpindah dari satu titik fokus ke titik fokus yang lain. Kesan profesional didapat dari desain luar body lensa yang dilengkapi dengan penanda, adjustment rings manual untuk aperture, zoom dan focus. Selain cantik dilihat.

Harga cine lens

Dengan kemampuan dan fitur yang ditawarkan membuat lensa ini lebih mahal dari lensa pada umumnya, tapi kalian tenang saja, sebagai alternatif kalian dapat menyewa lensa ini di tempat persewaan lensa atau alat-alat filmmaking.

Sampai disini pembahasan saya mengenai perbedaan cine lens dan lensa biasa, jika ada yang ingin kalian tanyakan atau kritik dan saran dapat kalian tulis di kolom komentar, dan jika kalian ingin mendapat update dari blog ini, kalian bisa berlangganan via email.

You may like these posts