Color grading sebagai story telling dalam film

Color grading sebagai story telling dalam film

Color grading sebagai story telling dalam film
Photo from Premium beat

Color grading sebagai story telling dalam film - Buat kalian yang belum mengerti apa itu color grading?. Color grading adalah proses pengubahan tone serta pemberian mood dalam sebuah film untuk meningkatkan suasana pada film itu sendiri, atau kalau bahasa awamnya adalah pemberian warna pada film. Tapi color grading tidak hanya sekedar pemberian warna secara asal ya sob. Color grading selain memberikan warna, juga memberikan mood serta merubah suasana pada film sesuai dengan alur cerita agar film itu dapat benar-benar membawa yang melihatnya untuk merasakan suasana yang ada pada film tersebut.

Untuk software  pada color grading ini ada banyak dan akan saya bahas pada postingan khusus. Softwarenya seperti Adobe Premiere Pro, Davinci Resolve, Adobe Speedgrade dan masih banyak lagi yang lain. Proses color grading ini tak hanya pada film ya sob, para content creator pada era sekarang ini juga menggunakan color grading pada videonya dengan mood dan karakteristik masing.

Color grading sebagai story telling dalam film
Photo from Pyramid factory

Bukan cuma pada video atau film, para fotografer juga menggunakan color grading pada fotonya untuk menonjolkan karakter dari fotografer itu sendiri, dengan tone warna yang berbeda-beda tentunya disertai mood yang berbeda juga. Hal itu adalah cara mereka menunjukan identitas diri mereka melalui sebuah karya yang berupa gambar.

Ada teknik selain color grading yang digunakan dan hampir mirip dengan color grading, yaitu color correction. Perbedaan singkatnya jika color grading adalah proses dari pewarnaan suatu video atau gambar serta memberi mood dan meningkatkan nuansa pada film, color correction merupakan proses memperbaiki kualitas mulai dari exposure, contrast, dan white balance. Proses dari color correction ini akan membuat gambar menjadi lebih baik dari segi exposure atau warnanya.

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai color grading sebagai story telling dalam film. Masih banyak fungsi dari color grading yang tidak saya sebutkan diatas, karena disini kita sama-sama belajar jadi mungkin terdapat kekurangan. Untuk kalian yang ingin menambahi bisa tulis di kolom komentar dan juga untuk kalian yang memiliki unek-unek, baik itu kritik maupun saran langsung saja a sob di kolom komentar.

You may like these posts