Color bar, gambar aneh yang sering muncul di TV

Color bar, gambar aneh yang sering muncul di TV

Color bar, gambar aneh yang sering muncul di TV
Photo from Pexels

Color bar, gambar aneh yang sering muncul di TV - Bagi orang yang awam dengan dunia broadcasting mungkin akan heran dengan gambar di atas. Gambar di atas adalah yang dinamakan color bar, dalam dunia broadcasting color bar digunakan sebagai standard test atau test card yang membantu channel televisi dan TV kita tetap menampilkan warna dan kecerahan yang tepat.

Color bar
Image from jalantikus.com

SMPTE Color Bars

Saat channel televisi berhenti melakukan siaran. mereka akan menampilkan serangkaian strip berwarna yang diiringi suara monotone yang keras dan panjang. Strip dan suara tersebut dikenal dengan nama Society Motion Picture and Television Engineer’s Guideline EG 1-1990. Fungsinya adalah untuk mengkalibrasi monitor dan televisi. 

Warna yang ditampilkan bukan sembarang warna yang disusun secara asal-asalan. Warna kuning, cyan, hijau, magenta, merah, dan biru yang berada di tengah layar kalian itu disusun dari warna yang paling cerah hingga ke warna yang paling redup. Susunan itu digunakan untuk menentukan white level yang tepat dari monitor kalian. Sementara warna yang tersusun di bawahnya, biru, hitam, magenta, dan lainnya digunakan untuk menentukan color balance.

Test Card PM5544
Image from jalantikus.com

Test Card PM5544

Gambar di atas merupakan test card yang juga sering kita jumpai di televisi. Gambar tersebut merupakan test card PM554 dan sering digunakan untuk TV dengan format video PAL ( Phase Alternate Line ). Berbeda dengan SMPTE Color Bars yang mulanya dikhususkan untuk format video NTSC yang kemudian juga  digunakan untuk format video PAL, tes card ini memang dikhususkan untuk versi PAL di wilayah Eropa dan Asia.

Itulah pembahasan saya mengenai gambar aneh yang muncul di TV, buat kalian yang sering bertanya-tanya, semoga pertanyaan kalian terjawab, semoga dapat bermanfaat bagi kalian, jika ada yang ingin kalian tanyakan atau ingin berdiskusi, silahkan coret-coret di kolom komentar.

You may like these posts