Camera movement dalam videografi

Camera movement dalam videografi

Camera movement dalam videografi
Photo from Pexels
Camera movement dalam videografi - Selain untuk mempercantik gambar agar ada production value, camera movement juga berfungsi untuk kebutuhan storytelling, jadi sutradara bisa lebih menyampaikan pesan, misal dalam suatu shoot sutradara ingin menekankan pesan tertentu, untuk itu di dukung dengan camera movement. 

Saat kita menerapkan camera movement pada sebuah shoot, kita juga harus mengerti motivasi dari movement tersebut, jadi kita tidak bisa dengan asal menerapkan camera movement. Namun jika sebuah pesan dapat kita sampaikan dengan kamera still maka kita tidak perlu menggunakan camera movement. 

Ada banyak jenis kamera movement yang dipakai pada filmmaking, tapi disini saya akan membahas basic-nya, seperti tilt, pan, pedestal, crane, dolly ,dan track. Lalu bagaimana dengan zooming?, zooming bukan tergolong camera movement ya gaes, zooming tergolong dalam lens movement, tetapi zooming ini terkadang juga di padukan dengan camera movement yang biasa kita sebut dengan vertigo efek atau jaws efek. 

Tilt

Kamera bergerak pada satu sumbu dengan mendongak ke atas (tilt up) atau ke bawah (tilt down). Motivasi dari teknik ini adalah bisa memperlihatkan detail dari suatu subjek dari bagian bawah hingga atas atau sebaliknya, atau juga dapat kita gunakan untuk mengikuti subjek yang sedang bergerak ke atas atau dari atas ke bawah, misalnya subjek kita sedang menaiki bukit.

Pada teknik ini kita memerlukan device khusus seperti tripod yang fluid head agar movement yang kita dapatkan terlihat smooth. Tapi jika tangan kalian tidak tremor, kalian juga bisa dengan hand held.

Camera movement dalam videografi
Photo from Pexels

Panning

Panning dan tilting hampir sama, kamera bergerak pada suatu sumbu, bedanya untuk panning ini gerakannya ke kanan (pan right) atau ke kiri (pan left). Motivasi dari teknik ini adalah memberikan informasi detail untuk suatu subjek dari kiri ke kanan, atau juga bisa kita gunakan untuk dua orang yang lagi berdialog atau berhubungan, misalnya kamera mau ping pong dari kanan ke kiri agar tidak terlalu banyak cut.
Device yang digunakan pada teknik ini juga sama dengan tilt, yaitu dengan  menggunakan tripod fluid head, agar gambar yang kita peroleh tampak smooth, atau kalian juga dapat menerapkannya secara handheld dengan syarat seperti yang telah saya sebutkan yaitu tangan kalian tidak boleh tremor.

Pedestal

Pedestal itu adalah kamera kita bergerak naik atau turun tetapi tidak pada satu sumbu, berbeda dengan tilting yang bergerak pada satu sumbu. Motivasi dari teknik ini hampir sama dengan tilting, bedanya teknik ini lebih berasa karena ada movement pada bagian background dan foreground. Teknik ini sangat bagus diterapkan dalam revealing shoot. Camera movement ini dapat digunakan dengan kamera pedestal atau pedestal type dolly, device ini bisa kalian temui di studio tv.

Crane

Crane ini biasanya diterapkan pada konser atau acara panggung yang besar, device yang digunakan pada teknik ini adalah jimmy jib atau juga crane. Didalam filmmaking terdapat motivasi atau alasan dari penggunaan device ini, misalnya sutradara ingin menunjukan bahwa subjek berada di hutan dan tersesat lalu crane up dan subjek berteriak meminta pertolongan. Dan alasan lan dari penggunaan jimmy jib adalah supaya movement lebih fleksibel, namun para videografer sekarang banyak yang menggunakan drone dengan alasan lebih compact dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Dolly

Dolly adalah kamera bergerak maju (dolly in) atau mundur (dolly out). Teknik ini tentunya juga ada motivasi penggunaannya, misalnya aktor sedang memasuki tempat baru dan sutradara ingin menekankan hal itu dengan cara waktu aktor masuk kamera dolly out.

Crab

Alat yang digunakan pada camera movement ini adalah kamera dolly atau alat yang biasanya kita lihat saat produksi film dengan rel sebagai landasannya, lalu ada yang versi pendek dari alat ini yang disebut dengan slider. Buat kalian yang tidak memiliki alat ini, kalian juga dapat menggunakan troli atau kursi roda, dengan syarat medan yang kita jadikan sebagai landasan harus rata.

Camera movement dalam videografi
Photo from Pexels

Floating

Kita terkadang menjumpai ada beberapa film yang ada efek seperti handheld tapi smooth, efek tersebut dinamakan floating movement. Motivasi dari teknik ini adalah untuk memberikan tensi dari adegan. Untuk menerapkan teknik ini, kalian memerlukan camera rig untuk membuat efeknya stabil dan tidak terlalu shaky.

Selain camera movement, kalian juga perlu memperhatikan jenis-jenis shot yang kita gunakan, agar gambar yang kita peroleh terihat bagus serta pesan dari sutradara tersampai dengan baik. Untuk itu kita juga perlu belajar teknik dasar pengambilan gambar pada postingan saya yang sebelumnya.

Itulah pembalasan saya mengenai camera movement dalam videografi. Buat kalian yang ingin berdiskusi ,memberi kritik dan saran atau menambahkan, kalian dapat tulis di kolom komentar.

You may like these posts