Alat perekam suara dalam filmmaking

Alat perekam suara dalam filmmaking

Alat perekam suara dalam filmmaking
Photo from Pexels
Alat perekam suara dalam filmmaking - Dalam pembuatan film, visual yang bagus bukanlah segalanya. Disamping visual yang bagus juga harus didukung dengan audio yang bagus. Audio yang kurang baik dapat mengganggu konsentrasi dari penonton. Penggunaan alat perekam suara external adalah opsi untuk menjaga kualitas audio yang dihasilkan. Disini kita akan membahas beberapa alat perekam suara dalam film kalian, baik itu film layar lebar ataupun film pendek. Berikut adalah ulasannya.

Alat perekam suara dalam filmmaking

Sound Recorder

Di era ini sound recorder sangat mudah didapat dan banyak juga pilihannya mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Untuk merekam suara, biasanya sound recorder mendapat input dari microphone, namun sound recorder juga dapat merekam suara secara langsung tanpa mendapat input dari microphone. Ada beberapa alat yang dapat menjadi pilihan kalian untuk merekam suara yaitu, ZOOM H1, ZOOM H4N atau ZOOM H6.

Alat perekam suara dalam filmmaking

Microphone

Ini adalah alat yang cukup penting. Dalam produksi film kita akan membutuhkan beberapa microphone seperti clip on mic, shotgun mic. Dan jika kita sedang berada pada produksi besar maka juga membutuhkan mic outdoor dan mic indoor beserta kabelnya karena keduanya akan berbeda  baik mic dan kabelnya. Karena kabel ini harus memiliki karakter khusus yang berupa noise rejection yang tinggi. Dan jangan lupa untuk aksesoris dari mic seperti basket, windjammer, shock mount dan juga furry cover.

Alat perekam suara dalam filmmaking

Boom pole

Alat ini adalah yang digunakan oleh boom operator untuk merekam suara. Pada ujung alat ini terdapat microphone yang biasanya menggunakan tipe shotgun microphone.

Alat perekam suara dalam filmmaking

Headphone

Headphone disini tidak digunakan untuk merekam suara, tetapi digunakan untuk memutar ulang hasil suara yang telah kita rekam. Jangan lupa untuk selalu di cek ya sob jika kalian selesai merekam suatu adegan, agar kalian tidak perlu melakukan perekaman secara berulang-ulang. Namun jika hasil dari perekaman kalian memang kualitasnya kurang baik, kalian perlu melakukan perekaman ulang.

Bagaimana sob, sekarang kalian sudah mengerti peralatan apa saja yang digunakan dalam produksi film. Setelah kalian mengetahui peralatannya kalian juga harus memahami tips merekam suara saat syuting film. Kalian tidak perlu membeli peralatan-peralatan yang saya sebutkan tadi jika budget kalian belum mencukupi, karena sekarang banyak tempat untuk penyewaan alat-alat filmmaking, untuk itu kalian cukup menyewanya.

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai alat perekam suara dalam filmmaking. Jangan lupa untuk selalu mempraktekan ilmu yang kalian dapatkan, agar kalian mengerti sampai mana kemampuan kalian. Dan juga jangan lupa untuk terus belajar hal-hal baru.

You may like these posts