Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020

Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020

Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020
Photo from Pixabay

Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020 - Kali ini saya akan memberi kalian informasi mengenai laptop yang cocok untuk content creation yang berat seperti editing video, animasi 3d, desain grafis, atau yang lainnya. Kalau kalian mampir kesini buat mencari desktop, mungkin ini kurang pas buat kalian.

Alasan saya disini membahas laptop karena hampir sebagian dari kalian yang menekuni content creation adalah mahasiswa, tentunya kita membutuhkan hardware dengan mobilitas tinggi. Tidak hanya mahasiswa, buat kalian yang sudah bekerja tentunya pada era ini bekerja tidak harus berada di kantor dong, maka dari itu kalian membutuhkan hardware dengan mobilitas yang tinggi.

Jika berbicara tentang performa, akhir-akhir ini banyak laptop dengan performa tinggi saling bermunculan, bahkan ada beberapa tipe laptop dengan performa yang hampir setara dengan desktop. Tapi laptop dengan performa yang tinggi itu tidak dinamakan dengan laptop editing atau laptop animasi, tetapi dinamakan dengan laptop gaming. Kenapa? karena gaming itu membutuhkan performa yang tinggi agar kita mendapatkan kualitas grafis yang bagus dan nyaman untuk dimainkan.

Namun pada akhir tahun 2020 ini, banyak produsen laptop yang membuat beberapa laptop untuk content creation, dengan layar yang sudah 98% sRGB, desain yang slim dan ringan atau desain yang minimalis dan elegan. Dalam memilih laptop editing ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan seperti di bawah ini.

Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020
Photo from Pixabay

Processor

Jika kalian menggunakan adobe family, sekarang adobe memberikan pelebaran untuk minimum requirement yang dapat di install sekarang ini adalah intel core i3, tapi untuk better performance kalian jangan menggunakan yang paling bawah, saya menyarankan kalian untuk menggunakan intel core i5 sebagai minimum karena adobe juga menulis itu sebagai spek rekomendasi.

Ada fitur intel quick sync pada adobe dan sudah sangat optimal di intel, untuk itu saya di sini fokus ke intel. Bukan cuma karena hal itu, di website adobe juga banyak menulis tentang fitur-fitur yang mendukung di intel pada adobe family. 

Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020
Photo from Pixabay

RAM

Banyak yang mengatakan kalau kita melakukan editing video itu sangat haus akan ram, memang benar tetapi kalian tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal itu, karena jika performa prosesor kalian mumpuni performa ram kalian bisa menjadi ringan, jika kalian menggunakan adobe premiere pro, kalian bisa menggunakan teknik render in to out agar ram kalian tidak terlalu bekerja dengan maksimal.

Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020
Photo from Pixabay

Storage

Untuk storage saya menyarankan kalian untuk menggunakan SSD bukan HDD jika ram kalian kecil, kenapa? karena jika kalian melakukan preview secara real time akan sangat menghabiskan ram, jadi seperti yang saya sebutkan tadi kita menggunakan render in to out dengan mengoper nya ke SSD, dengan catatan prosesor kalian harus mumpuni untuk render in to out.

Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020
Photo from Pixabay

Graphic

Peran graphic card pada adobe premiere pro dipakai saat heavy duty, misal kalian sedang melakukan color correction dengan lumetri color, atau sedang bermain di optical flow, atau bahkan kalian sedang membuat hyperlapse yang membutuhkan frame rate yang tinggi.

Display

Hal yang penting selanjutnya dari editing adalah layar yang akurat. Untuk para content creator kalian saya sarankan menggunakan layar dengan tingkat keakuratan 95% ke atas. kenapa? jika tingkat akurasi layar kalian rendah, saat melakukan color correction kalian akan kesusahan, karena jika layar yang kalian gunakan untuk color correction tingkat keakuratannya rendah, saat kalian memutarnya di layar yang sudah 100% sRGB akan aneh.

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai Spesifikasi laptop untuk editing video tahun 2020. Pembahasan saya di atas adalah dari banyak referensi yang saya rangkum menjadi sedikit, jangan terburu-buru untuk membeli laptop dengan performa tinggi, karena terkadang laptop dengan performa tinggi mempunyai display yang belum 100% sRGB, jadi ada banyak pertimbangan untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Buat kalian yang mencari laptop untuk desain grafis, kalian bisa membaca postingan saya mengenai Laptop Desain Grafis Mahasiswa Terbaik 2020.

You may like these posts