Professional videographer, bagaimana itu

Professional videographer, bagaimana itu

Professional videographer, bagaimana itu
Photo from Pexels
Professional videographer, bagaimana itu - Di postingan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana menjadi seorang profesional videografer yang memiliki mobilitas tinggi dan ahli di segala medan. Tetapi hal yang akan saya bahas ini akan lebih mudah diterapkan untuk kalian yang bekerja seorang diri, atau istilahnya adalah One Man Band Professional Videographer.

Postingan ini saya sedikit ringkas dari youtube mas anggun adi (goenrock), kalian bisa cek sendiri pada channelnya. Tanpa berbasa-basi kita langsung menuju ke pembahasannya yaitu sebagai berikut.

Professional videographer, bagaimana itu
Phtoto from Pexels

Kuasai pembuatan konsep

Menguasai pembuatan konsep tidak hanya mengenai penulisan naskah, namun juga idenya. Ide yang keren dapat kalian dapatkan ketika mengamati suatu hal, setelah kalian mendapatkan ide tersebut, jangan lupa untuk langsung dicatat ya gaes, kalian dapat mencatatnya di smartphone atau juga buku catatan jika kalian membawanya.

Setelah kalian mencatat ide kalian, kalian dapat mencari referensi dari menonton film di bioskop atau streaming. Fungsi dari referensi yang telah kalian catat tadi adalah sebagai gambaran untuk memvisualisasikan ide kalian menjadi seperti yang kalian harapkan.

Setelah mendapatkan referensi, selanjutnya adalah membuat shot list atau decoupage, atau dapat diartikan shot apa saja yang ingin kalian ambil. Mulai dari camera angle, size shot, camera movement dan kebutuhan shot yang kalian butuhkan. Semua itu kalian sesuaikan seberapa tajam informasi tersebut akan disampaikan.

Professional videographer, bagaimana itu
Photo from Pexels

Kuasai teknik pengambilan gambar

Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang teknik pengambilan gambar dalam sinematografi, yang juga dapat kalian terapkan pada videografi. Dalam menguasai teknik pengambilan gambar kalian juga harus menguasainya dalam berbagai macam gear, terutama dengan gear yang terbatas. Kalian juga dapat menambahkan camera movement, buat kalian yang belum mengetahui apa itu kamera movement, kalian dapat membaca postingan saya tentang basic camera movement dalam videografi. Fungsi dari camera movement adalah agar pesan dari gambar yang ingin kalian sampaikan dapat diterima siapa saja yang melihatnya.

Professional videographer, bagaimana itu
Photo from Pexels

Travel Light

Maksud dari istilah ini adalah bawalah peralatan yang benar-benar kalian butuhkan, atau kalian juga dapat menggunakan gear yang ringkas dan tidak terlalu berat, misalnya kalian menggunakan kamera mirrorless, gunakanlah lensa native karena lebih ringan dan kecil jangan memakai lensa DSLR yang besar, apalagi jika kalian tambah dengan adaptor.

Jika kalian membutuhkan lighting, kalian dapat membawa lampu yang menggunakan baterai sehingga dapat di cas menggunakan power bank, atau juga menggunakan lampu dengan baterai yang umum di jual di warung atau supermarket terdekat.

Mungkin kalian malas membawa laptop yang besar tapi juga terlalu kecil jika menggunakan smartphone, solusinya adalah kalian bisa memakai tab.

Professional videographer, bagaimana itu
Photo from Pexels

Kuasa kemampuan editing dengan mobile apps

Karena post processing ini kita perlu meneliti kekurangan dari footages kita, tentunya kalau menggunakan smartphone akan susah untuk ditemukan, karena ukuran layarnya yang kecil akan membuat kita kesulitan untuk mengamati semisal adal footages kita yang miss fokus atau mengalami masalah yang lain.

Mungkin itulah sedikit pembahasan saya mengenai professional videographer. Jika ada dari kalian yang ingin menambahkan atau memberi masukan, kalian dapat menuliskannya di kolom komentar.

You may like these posts